Apa Itu Rumah Minimalis?

Rumah minimalis sekarang mulai populer di area perkotaan. Dikenal dengan arsitektur bangunan dengan bentuk bangunan yang simpel dan sedikit bermain warna pada cat tembok baik interior dan eksterior-nya. Akan tetapi, tahukah anda apa pengertian sebenarnya dari rumah minimalis? Rumah minimalis yakni bangunan rumah dengan bentuk dan arsitektur berbeda dengan jenis-jenis rumah pada umumnya. Rumah minimalis hadir dengan karakter bangunan yang lebih jelas, yakin dengan mengandalkan ruang dengan bentuk geometris dan terkesan sederhana. Selain itu, rumah mininmalis dinilai lebih kokoh serta lebih kuat dan terdapat banyak ruang kosong yang dapat digunakan menaruh ornament penghias ruangan.


Rumah minimalis memiliki prinsip yakni semakin sederhana bangunan maka kualitas desain yang diciptakan serta ruang yang tersedia akan lebih baik. Dalam pembangunannya, rumah minimalis menggunakan bahan-bahan material yang sama seperti pembangunan rumah-rumah pada umumnya, seperti batu bata, kayu, pasir, beton, semen, baja, batu kali, kaca, dan lainnnya. Hanya saja sama seperti tema akan rumah minimalis, maka bahan material yang digunakan lebih hemat namun tetap kokoh dan optimal. Hal tersebut dikarenakan desain serta struktur pada rumah minimalis dihitung lebih detail dan terstruktur.

Untuk menambah kesan elegan tanpa mengurangi kesan sederhana pada rumah minimalis, proses penyelesain pada atap, plafon, jendela, pemasangan dan pemilihan model kaca, lubang angin, lantai, pintu serta dinding dikerjakan dan dipasang dengan teknik kombinasi yang berbeda dan unik. Berikut adalah material-material yang dapat dijadikan pilihan untuk digunakan pada rumah minimalis:
  •  Rangka Rumah   :        beton atau baja
  • Dinding Rumah  :        batako, batu bata
  • Skylight               :        fiberglass
  • Pintu                    :        kayu atau metal
  • Jendela                :        kayu atau metal
  • Tangga                 :        kayu, beton, fiberglass, baja
  • Lantai                  :        semen, keramik, marmer
  • Plafon                  :        triplek atau gypsum
  •  Atap                     :        genteng, baja, atau sirap

Bahan-bahan diatas dapat digunakan untuk pembangunan pada rumah minimalis, bisa dijadikan referensi yang berguna yang dapat anda sesuaikan untuk membangun sebuah rumah.

Untuk pilihan warna cat dinding pada rumah minimalis, biasanya pada bagian bangunan semisal tembok yang lebih menonjol ke luar akan diberi warna cat cerah untuk memberikan efek kuat sehingga akan menjadi titik pusat perhatian. Sedangkan untuk bagian tembok lainnya akan diberi warna senada dengan warna tembok yang menonjol namun bisa dibuat warna yang lebih tua, sehingga akan terkesan seperti gradasi warna pada rumah minimalis.


Dari segi harga, sebenarnya rumah minimalis tidak mematok harga tetap karena harga rumah minimalis dapat dibuat terjangkau atau mahal. Semua tergantung pada si calon pemilik rumah, karena bangunan pada rumah minimalis dapat ditentukan pada pilihan pemakaian material bangunan yang dipakai dan tentunya apapun pilihan tersebut harus dihitung dan dengan pertimbangan yang cermat. Selain itu, juga dibutuhkan tenaga kerja bangunan yang teliti, terampil, jeli, berpengalaman, rapi, dan berhati-hati. Dan untuk itu tentunya akan membutuhkan dana tambahan lagi. Maka dari itu, apapun konsep yang anda pilih untuk rumah anda termasuk konsep rumah minimalis, siapkan terlebih dahulu dana, penyesuaian kebutuhan, dan pertimbangan yang cermat.
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Apa Itu Rumah Minimalis?". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Ingin memesan produk kami? Silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Pemesanan Produk Bali Mekar Sari

No comments:

Post a Comment

Komentar tanpa NAMA, kemungkinan besar tidak akan direspon (Comments without a NAME, most likely will not respond)