Rumah Joglo

Rumah joglo- tampilan dari pada rumah joglo ini sangatlah menarik bagi saya. Rumah joglo adalah rumah khas jawa tengah yang mempunyai kesan klasik dan memiliki gaya arsitektur tradisional. Rumah joglo ini adalah rumah kebudayaan yang mana memiliki arti penting. Kebudayaan yang ada di jawa tengah ini emmang amsih terjaga keasliannya. Kalau kita berbicara mengenai rumah joglo ini memang sepantasnya kita mengkaji lebih dalam terkait dengan sejarahny dan juga desainan arsitektur yang memiliki ciri kas. Bangunan rumah joglo ini memiliki desain arsitek yang mana banyak sekali nilai daripada filosofisnya. Namun jika kita berbicara hal itu maka akan ada certita yang panjang.

Rumah Joglo
Rumah Joglo
Sumber gambar: Wikipedia

Rumah joglo yang merupakan khas rumah jawa tengah ini memang memiliki unsur yang penting. Tidak hanya sebagai tempat untuk berteduh saja namun juga sebagai adanya nilai- nilai keluhuran serrta merupakan sebuah simbolis. Untuk tampilan dari rumah joglo ini memang tidak sama dengan bangunan rumah- rumah biasanya. Di bangunan rumah joglo ini terdapat soko guru. Dimana dari empat tiang yang ada mewakili daripada arah mata angin. Selain dari pada itu dalam rumah joglo ini juga terdapat pola soko guru yang di desain dengan terbalik yang ini biasa dikenal dengan tumpangsari. Sementara itu untuk kempat tiang yang ada menjadi penyangga utama pada rumah joglo.

Pada rumah joglo ini dapat kita uaraikan beberapa bagian- bagian penting yang ada. Dimana rumah adat khas jawa tengah ini di dalamnya terdapat pringgitan atau omah, pendopo, dan juga omah ndalem. Dari masing –masing bagian ini memiliki peran yang berbeda. Untuk pendopo, bagian pendopo yang dimaksudkan adalah sebagai tenmat untuk menjamu tamu yang datang atau sekarang biasa kita namai dengan ruang tamu. Kemudian untuk bagian pringgitan, di ruangan ini biasa digunakan untuk menjamu para tamu juga, namun dalam hal ini tamu yang dimaksudkan adalah tamu dekat atau tamu untuk kerabat.


Sementara itu dalam istilah omah njero ini juga memiliki peran yang berbeda. Dimana di bagian ini merupakan tempat bertemunnya atau berkumpulnya keluarga, atau ruang keluarga. Dimana ini adalah tempat bercengkrama dan berbagi cerita bersama keluarga. Di bagian ini di bagi kembali dengan beberapa bagian, diantaranya adalah ruang keluarga, kamar atau disebut dengan senthong. Itulah bagian- bagian yang ada pada rumah joglo. Biasanya rumah joglo ini memiliki 3 pintu. Dan arti dari pintu yang terdapat pada rumah joglo ini adalah melambangkan kupu- kupu dengan memiliki arti filosofis. Demikian inilah ulasan rumah joglo kali ini. Kita sebagai warga negara indonesia tentu ini menjadi sebuah tugas kita untuk tetap menjaga kebudayaan yang ada. 
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Rumah Joglo". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Ingin memesan produk kami? Silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Pemesanan Produk Bali Mekar Sari

No comments:

Post a Comment

Komentar tanpa NAMA, kemungkinan besar tidak akan direspon (Comments without a NAME, most likely will not respond)