Pengertian Rumah Minimalis

Pengertian rumah minimalis yang ada di Indonesia sekarang ini sudah mengalami sedikit kekeliruan. Apa sih sebenarnya pengertian rumah minimalis itu? Bagi yang tinggal di daerah perkotaan mungkin tidak asing dengan yang namanya rumah minimalis. Rumah minimalis sangat populer bahkan banyak digemari oleh masayarakat Indonesia, terutama yang tinggal di daerah yang padat penduduknya (perkotaan). Hal ini disebabkan karena selain hemat lahan, model desain rumah minimalis juga mampu menghemat biaya dengan desain eksterior maupun interiornya sangat menarik dan nyaman.
 
Pengertian Rumah Minimalis
Contoh gambar rumah minimalis
Sumber gambar: Wikipedia


Pengertian rumah minimalis terdiri dari dua kata yaitu rumah yang artinya tempat hunian dan minimalis yang artinya sedikit atau hemat. Jadi pengertian rumah minimalis adalah tempat hunian yang memanfaatkan bahan bangunan dan material yang seminim atau sehemat mungkin dan dapat membuat serta menciptakan desain rumah minimalis yang murah, mewah dan nyaman. Dalam hal ini yang paling ditekankan adalah biaya yang murah tetapi menghasilkan rumah yang mewah dan nyaman.

Akan tetapi, pengertian rumah minimalis di Indonesia berbeda, asalkan bentuk atau desain rumah tersebut kecil maka rumah tersebut sudah dikatakan sebagai rumah minimalis. Walaupun rumah tersebut kecil atau desainnya kecil, kalau memerlukan biaya yang mahal itu bukanlah rumah minimalis. Untuk memudahkan memahami pengertian rumah minimalis silahkan kenali beberapa ciri-ciri dari rumah minmalis berikut ini.
  1. Memiliki konstruksi dan atap rumah yang datar (tidak lagi limas atau prisma) sehingga menghemat biaya untuk pembelian genting dan material lainnya.
  2. Memiliki minimal sebuah jendela yang cukup besar sehingga rumahnya memiliki sirkulasi udara yang segar
  3. Ada ruangan yang multifungsi, misalnya ruang tamu juga dapat dipakai sebagai ruang keluarga.


Berdasarkan ciri-ciri rumah minimalis di atas maka rumah minimalis tidak harus ukurannya kecil bisa juga ukuran sedang hingga yang mewah, bahkan ada rumah minimalis yang berlantai dua. Jadi, pengertian rumah minimalis yaitu simpel, memiliki bukaan- bukaan yang lebar, serta banyaknya bentukan kotak-kotak, terlihat cantik dan enak dipandang.

Post a Comment for "Pengertian Rumah Minimalis"